KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEBIDANAN (D-3) SEBAGAI DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI, MUNGKINKAH?

Penulis

  • Flora Honey Darmawan

Kata Kunci:

kecanduan internet, PJJ, Pandemi

Abstrak

Wabah Covid-19 yang telah melanda hampir seluruh negara di dunia, memberikan sebuah tantangan besar bagi lembaga pendidikan termasuk di Perguruan Tinggi. Pemerintah tidak memperbolehkan perguruan tinggi untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka dan memerintahkan penyelenggaraan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring. Pembelajaran daring berupa pembelajaran menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Di sisi lain, menggunakan internet dalam yang waktu lama secara terus-menerus dapat menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya, salah satunya kecanduan internet.

Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi kecanduan internet pada mahasiswa dan mengeksplorasi pembelajaran jarak jauh yang telah dilaksanakan oleh Program Studi Kebidanan (D-3) Stikes Jenderal A. Yani Cimahi di era pandemi Covid-19.

Rancangan penelitian ini adalah mix-methods dengan convergent parallel design. Variabel penelitian adalah pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan potensi kecanduan internet. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Kebidanan (D-3) Stikes Jenderal A. Yani Cimahi dengan pendekatan total sampling sejumlah 163 responden.

Kondisi yang paling tinggi menimbulkan potensi kecanduan internet pada mahasiswa adalah durasi penggunaan internet > 20 jam/minggu sebanyak 129 orang (79%) dan ditemukan sebanyak 9 responden (5,5%) mengalami kecanduan internet. Respon positif terhadap pembelajaran jarak jauh diperoleh dalam adaptasi keluarga, adaptasi pribadi, efektivitas pembelajaran dan fasilitas yang diperlukan sedangkan respon negatif ditemukan dalam pembelajaran teori dan praktik yang berhubungan dengan fasilitas yang dibutuhkan.

Simpulannya ada hubungan antara kondisi yang berpotensi menimbulkan kecanduan internet dengan hasil Kuesioner Diagnostik Ketergantungan Internet (KDAI) pada pembelajaran jarak jauh di era pandemi. Dibutuhkan komitmen, metode dan sarana prasarana yang memadai dalam pembelajaran jarak jauh khususnya di era pandemi yang dapat diterima dengan optimal oleh mahasiswa di manapun mereka berada

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-02

Cara Mengutip

Darmawan, F. H. . (2020). KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEBIDANAN (D-3) SEBAGAI DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI, MUNGKINKAH?. PIN-LITAMAS, 2(1), 146–157. Diambil dari http://ejournal.stikesjayc.id/index.php/PLT/article/view/27

Terbitan

Bagian

PIN-LITAMAS II