STUDI KOMPARASI PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH EDUKASI KESEHATAN MATAPADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH CIANJUR
Kata Kunci:
edukasi, kesehatan mata, pengetahuanAbstrak
Latar Belakang. Prevalensi gangguan kesehatan mata di Indonesia berdasarkan data komunitas pusat mata nasional paling banyak adalah myopia yang dialami usia 11-20 tahun dengan kejadian sebesar 23,4%. Gangguan kesehatan mata paling banyak disebabkan karena kebiasaan buruk menggunakan gawai sekitar 66,7%. Gangguan kesehatan pada mata dapat berdampak terhadap penurunan kualitas penglihatan, sehingga harus dilakukan pencegahan dengan menjaga kesehatan mata, yang dapat diberikan melalui kegiatan edukasi kesehatan,
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan edukasi tentang kesehatan mata.
Metode. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah anak usia sekolah (11-12 tahun). Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 30 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner sebelum dan sesudah edukasi. Analisis data menggunakan analisis bivariat uji t dependen untuk mengetahui pengaruh variabel dependen terhadap independen.
Hasil. Hasil uji statistik didapatkan p value 0.001 maka dapat disimpulkan ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan edukasi tentang kesehatan mata pada anak. Saran untuk tenaga keperawatan dapat berkolaborasi dengan institusi pendidikan untuk melakukan edukasi kesehatan secara rutin ditatanan komunitas diantaranya sekolah