PENGARUH TERAPI HIPNOSIS LIMA JARI TERHADAP KECEMASAN PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS V (LIMA) DI SDN MELONG MANDIRI 4 KOTA CIMAHI

Authors

  • Juju Juhaeriah
  • Muhammad Tajulfikri
  • Dyna Apriany

Abstract

Latar Belakang : Proses pendidikan di sekolah sering diadakan ujian untuk mengetahui hasil belajar salah satunya adalah Ujian Kenaikan Kelas (UKK). UKK dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan oleh para siswa, yang akan menimbulkan perasaan takut dan cemas karena adanya peningkatan dari sisi materi yang diberikan di tingkat selanjutnya, serta ada standar nilai yang harus dicapai. Selain itu siswa mempersepsikan pelaksanaan UKK sebagai syarat menentukan lulus atau tidaknya peserta didik dalam kenaikan kelas yang lebih tinggi, hal ini yang menjadi suatu beban bagi peserta didik. Peserta didik dapat mengalami kecemasan karena mereka membayangkan UKK tersebut sebagai beban atau ancaman. Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menunjukan bahwa gangguan kecemasan anak usia sekolah 7-12 tahun sebanyak 9,8%. Berdasarkan fenomena di SDN Melong Mandiri 4 Kota Cimahi, dari 16 siswa terdapat 6 siswa mengalami cemas menjelang ujian ditandai tangan gemetar dan 4 siswa berkeringat dingin. Tujuan : untuk mengatasi kecemasan pada anak usia sekolah dalam menghadapi Ujian Kenaikan Kelas di SDN Melong Mandiri 4 Kota Cimahi. Metode : Desain penelitian Quasi Experiment dengan jenis rancangan non-equivalent with control group design, teknik pengambilan sampel non random sampling sebanyak 36 responden terbagi menjadi 2 kelompok yaitu 18 intervensi dan 18 kontrol. Terapi Hipnosis lima jari diberikan selama 5 kali pertemuan dengan durasi 10-15 menit per hari kepada kelompok intervensi, pada kelompok kontrol tidak diberikan intervensi, alat untuk mengukur kecemasan  menggunakan kuesioner SCAS (Spence Children’s Anxiety Scale), analisis data menggunakan analisis univariat (mean) dan analisis bivariat (parametric t independent). Hasil : Rerata pada kelompok intervensi, tingkat kecemasan pada siswa SD sebelum intervensi adalah 38,56 dan sesudah intervensi adalah 23,19, rerata tingkat kecemasan pada siswa SD kelompok kontrol sebelum adalah 37,50 dan sesudah 37,25. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol  dengan nilai p value = 0,001 < 0,05. Kesimpulan : Terapi hipnosis lima jari dapat menurunkan kecemasan pada siswa dalam menghadapi UKK. Saran :  Terapi hipnosis lima jari dapat dijadikan sebagai salah satu intervensi dalam membantu menurunkan tingkat kecemasan pada anak usia sekolah kelas V (Lima) dalam menghadap UKK

Downloads

Published

2020-12-02

How to Cite

Juhaeriah, J. ., Tajulfikri, M. ., & Apriany, D. . (2020). PENGARUH TERAPI HIPNOSIS LIMA JARI TERHADAP KECEMASAN PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS V (LIMA) DI SDN MELONG MANDIRI 4 KOTA CIMAHI. PIN-LITAMAS, 2(1), 124–134. Retrieved from http://ejournal.stikesjayc.id/index.php/PLT/article/view/24

Issue

Section

PIN-LITAMAS II

Most read articles by the same author(s)