ANALISIS KECUKUPAN ENERGI, PROTEIN, ZINK DAN KALSIUM PADA BALITA STUNTING DI WILAYAH KOTA CIMAHI

Authors

  • Teguh Akbar Budiana Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKes Jenderal Achmad Yani Cimahi
  • Dini Marlina Program Studi Kebidanan, STIKes Jenderal Achmad Yani Cimahi

Keywords:

Stunting, asupan zat gizi, balita

Abstract

Latar Belakang: Stunting merupakan keadaan dimana terdapat gangguan pertumbuhan tinggi badan yang tidak sesuai umur akibat kekurangan gizi secara kronis baik makronutrien maupun mikro nutrien.

Tujuan: Menganalisis kecukupan energy, protein, zink dan kalsium pada balita stunting di Kota Cimahi.

Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional dengan desain crosectional. Penelitian ini dilaksanakan di kelurahan Citereup Kota Cimahi, total sampel sebanyak 40 balita stunting usia 24-59 bulan. pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, data asupan zat gizi menggunakan recall 1x24 jam sebanyak 4 kali, analisis data menggunakan Univariat

Hasil: Balita stunting memiliki tingkat kecukupan energy devisit berat sebesar 67.5%, asupan protein devisit ringan 37.5%, asupan zink devisit berat 77.5% dan asupan kalsium devisit ringan 50%.

Kesimpulan: Rata-rata tingkat kecukup energi, protein, zink dan kalsium pada balita stunting kurang dari anjuran yang ditetapkan.

Downloads

Published

2020-12-02

How to Cite

Budiana, T. A. ., & Marlina, D. . (2020). ANALISIS KECUKUPAN ENERGI, PROTEIN, ZINK DAN KALSIUM PADA BALITA STUNTING DI WILAYAH KOTA CIMAHI. PIN-LITAMAS, 2(1), 38–42. Retrieved from http://ejournal.stikesjayc.id/index.php/PLT/article/view/8

Issue

Section

PIN-LITAMAS II