Pengetahuan dan Sikap Tentang Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) Pada Siswi Di SMK Pasundan Putra Cimahi
DOI:
https://doi.org/10.26874/jkkes.v14i3.109Keywords:
Pengetahuan, Sikap, Kehamilan Tidak DiinginkanAbstract
Masa remaja adalah masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa yang ditandai dengan perubahan-perubahan fisik dan emosional yang kompleks, dramatis serta penyesuaian sosial yang penting untuk menjadi dewasa. Pada kondisi ini remaja belum memiliki kematangan mental karena masih mencari identitas atau jati dirinya sehingga sangat rentan terhadap berbagai pengaruh dalam lingkungan pergaulan termasuk dalam perilaku seksualnya. Salah satu masalah yang menonjol adalah Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) seiring dengan meningkatnya perilaku seks di luar nikah pada remaja. Remaja yang hamil di luar pernikahan akan mencoba melakukan aborsi tidak aman atau tetap melanjutkan kehamilannya dengan berbagai dampak yang bisa ditimbulkan, misalnya perdarahan yang berujung pada kematian ibu maupun bayi. Semua ini dapat berawal dari ketidaktahuannya mengenai KTD sehingga mengambil sikap yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap mengenai Kehamilan Tidak Diinginkan pada siswi di SMK pasundan Putra Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diteliti siswi sejumlah 61 orang menggunakan kuesioner berjumlah 30 pertanyaan. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukan hampir seluruh siswi memiliki pengetahuan yang baik tentang Kehamilan Tidak Diinginkan (98,4%), sebagian besar memiliki sikap negatif (50,8%), tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan sikap tentang KTD pada siswi di SMK Pasundan Putra Cimahi (p>0,05). Pihak sekolah diharapkan dapat memprioritaskan pendidikan moral dan akhlak secara terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL KESEHATAN KARTIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.